-->

4 Hal Yang Perlu Dipelajari untuk Membangun Blog


Cara membuat blog memang sudah banyak tutorial yang bisa kita ikuti, baik dari mesin pencari atau bahkan sekarang banyak tutorial ngeblog yang ada di youtube. Tapi kamu tahu ga sih tahapan apa yang harus dilakuin untuk membangun sebuah blog?

Jika mungkin kamu pernah dengar "kata orang'' bahwa membuat blog mulai dari pilih niche, lalu tulis artikel sebanyak-banyaknya, lalu share ke media sosial. Cara itu memang tidak salah, tapi itu masih belum sepenuhnya benar.

Membuat blog ga segampang itu broo. Jika tidak mengerti alurnya, maka kita akan sering tersesat, cari sana-sini dan masih belum juga paham alur untuk membangun sebuah blog. Nah disini akan saya bagikan apa saja yang harus kamu pelajari untuk membangun sebuah blog. Ingat saya hanya akan berikan alurnya saja, sisanya kamu yang action untuk mencari ilmunya.

1. Pilih Niche (Ceruk)

Ceruk atau niche bisa dibilang sebagai kategori blog yang ingin kamu tuju, misal kategori kesehatan. Jadi topik blog dan menu yang ada pada blog kamu semua berkaitan dengan kesehatan. Kamu juga bisa memilih niche yang lebih spesifik, tapi itu tergantung selera kamu.

Biasanya orang yang memilih topik spesifik itu kompetitornya lebih sedikit dan kita masih bisa untuk bersaing melawan para pakar SEO atau situs-situs besar. Niche spesifik misalnya tentang kesehatan tetapi lebih membahas ke satu kategori misalnya Diet atau cara menurunkan berat badan.

Kategori yang lebih spesifik biasanya digunakan orang untuk menjual produk. Keyword yang digunakan biasanya keyword transaksional yang lebih spesifik yang tentunya mengarah ke penjualan atau transaksi.

Jika ingin jual produk pilih topik yang spesifik tentang produk yang akan anda jual, jika membuat blog bukan untuk jualan saya sarankan pilih salah satu niche umum seperti teknologi, kesehatan atau otomotif.

2. Riset Kata Kunci
Ada yang bilang tahapan awal membangun sebuah blog adalah riset kata kunci (keyword). Itu benar, kamu bisa riset kata kunci di awal lalu memilih ceruk blog, atau kamu juga bisa memilih ceruk blog dahulu lalu riset kata kunci. Karena artikel ini dikhusukan untuk para pemula, saya membuat tahap pemilihan  niche pada urutan pertama dan riset keyword pada urutan kedua agar tidak membingungkan nantinya.

Riset kata kunci inilah tahapan yang paling banyak menguras energi, kita dipaksa berfikir keras dan belajar lebih giat lagi. Jika gagal pada tahapan riset kata kunci sudah pasti akan gagal pada tahapan selanjutnya. Mengapa? Alasannya karena tujuan kita membuat blog untuk mengincar visitor dari mesin pencari, betul? Jika tidak riset kata kunci, apa mungkin blog kita akan berada pada halaman teratas mesin pencari google?

Sudah pasti blog kita akan sepi pengunjung dan mati perlahan. Jadi sebelum melangkah lebih jauh silahkan pelajari dahulu cara riset keyword. Saya ada beberapa rekomendasi website yang membahas riset kata kunci, tentu saja bahasanya ringan dan sangat mudah untuk dipahami. Berikut rekomendasi website yang membahas riset kata kunci yang bisa kamu pelajari, gratis!

1. Panduanim (panduanim.com)
Panduanim ini adalah website panutan saya dari awal untuk membuat blog. Pembahasannya sangat lengkap mulai dari awal hingga akhir. Semua itu bisa kita dapatkan gratis tanpa dipungut biaya. Semua ilmu membuat blog, ilmu marketing ada di blog mas Darmawan ini. Coba deh intip sebentar, saya yakin kamu bakal betah membaca artikel dari web panduanim ini.

Saya sarankan bawa buku catatan untuk belajar dari blog panduanim, catat satu demi satu, baik tahapan atau pun metode yang ada didalamnya, karena semua yang dijelaskan sangat bermanfaat.

2. Irvantaufik (irvantaufik.me)
Rekomendasi selanjutnya untuk riset keyword adalah blog dari Irvan Taufik. Blog ini juga mengupas habis tentang belajar riset keyword. Semakin banyak blog yang kita pelajari maka akan semakin banyak ilmu yang kita dapatkan. Topik dan pembahasan dari blog irvan taufik ini juga sangat lengkap, bahasanya ringan dan mudah dimengerti.

Saya banyak belajar dari blog mas irvan tentang riset keyword menggunakan google keyword planner, lengkap juga dengan video tutorialnya. Silahkan langsung intip aja mas broo ke websitenya

3. Vatih (Vatih.com)
Nah situs terakhir yang saya rekomendasikan adalah situs Vatih.com. Saya dapat rekomendasi ini dari teman saya, setelah saya telurusi artikelnya sangat bermanfaat, topik bahasannya mendalam, sangat cocok deh buat kamu.

Saran saya intip dulu websitenya, lalu baca-baca satu demi satu artikel blognya, saya yakin semua artikelnya bermanfaat dan banyak ilmu yang bisa kita dapatkan. Itu mengapa ada pribahasa mengatakan "membaca adalah jendela dunia". Dan benar saja pribahasa itu sudah saya buktikan sendiri.

Setelah mahir riset keyword dengan sendirinya pasti kamu akan bisa  mengembangkan topik. Topik yang kamu kembangkan itulah yang bisa menjadi menu-menu (menu bar) blog pada tampilan blog kamu.

Selanjutnya setelah riset keyword, kamu tinggal mengaplikasikan keyword yang telah kamu saring menjadi sebuah konten. Ingat jangan buat  artikel dengan relevansi yang sama atau makna yang sama. Karena google akan menganggap website kamu adalah website spam atau sejenisnya.

Usahakan membuat artikel dengan kata kunci yang masih relevan tetapi tidak bermakna sama. Misal satu artikel dengan kata kunci "cara mengikat sepatu" dan artikel yang lain dengan judul "merk sepatu terkenal" Kedua kata kunci masih dengan relevansi yang sama yaitu tentang "sepatu" tetapi memiliki makna dan tujuan berbeda.

Website dikatakan berkualitas jika memiliki konten berkualitas. Itu artinya artikel sangat berperan penting untuk menentukan kualitas sebuah website.

3. Backlink

Salah satu hal yang harus kamu pelajari untuk membangun blog adalah cara mendapatkan backlink (ingat! bukan blackpink ya). Sebelum belajar mendapatkan backlink, kamu harus tau dulu apa itu arti backlink. Backlink adalah sebuah rekomendasi link yang menuju ke website kita. Artinya link kita yang ditanamkan di website lain agar mengarah ke web utama kita.

BackLink tadi bisa jadi disematkan oleh si pemilik website kita karena artikel kita bermanfaat, atau kita bisa meminta ke pemilik website  untuk menanam backlink ke situs mereka. Jika kita yang meminta biasanya kita dikenakan biaya dengan syarat si pemilik website setuju.

Tidak mudah  untuk mendapatkan backlink, itu mengapa anda harus mempersiapkan biaya untuk mendapatkan backlink berkualitas. Backlink yang kita dapatkan juga tidak boleh sembarangan, jika kita membuat backlink pada situs dengan kualitas rendah bisa jadi website atau blog kita yang akan terkena penalti, yang mengakibatkan deindex pada seluruh artikel blog.

Jika sampai mengalami hal ini, maka kesempatan untuk membangun kembali blog anda akan sangat berat. Jadi jangan sembarangan membangun backlink, pilih yang berkualitas.

Dalam dunia backlink ada dua teknik yang dikenal yaitu teknik white hat dan teknik blackhat. Saya sarankan memilih teknik white hat yaitu membangun backlink dengan cara yang bersih dan organik. Untuk pembahasan backlink silahkan baca ketiga situs yang saya rekomendasikan diatas.

Backlink yang sangat powerful untuk menunjang trafik blog adalah Backlink kontekstual. Backlink kontekstual adalah backlink yang didapat secara organik berupa rekomendasi dari sebuah website karena konten artikel kita bermanfaat. Contohnya saya dengan suka rela mencantumkan situs panduanim, irfantaufik dan vatih pada artikel ini karena saya merasa terbantu.

Ini termasuk backlink kontekstual yang didapat ketiga website tersebut karena saya menyematkan situs mereka. Catatan yang perlu diperhatikan backlink kontekstual harus kita dapatkan dari situs yang berkualitas, jika tidak, maka web tidak akan mengalami kenaikan peringkat.

Indikator untuk penilaian sebuah web yang berkualitas sering disebut DA dan PA. DA adalah singkatan dari Domain Authority dan PA adalah page authority. Semakin tinggi DA dan PA maka akan semakin bagus website tersebut.

Jika kita mendapatkan backlink dari website DA dan PA yang tinggi maka otomatis web yang kita miliki juga akan mengalami kenaikan untuk peringkat DA & PA. Itu artinya google menganggap web kita juga berkualitas karena direkomendasikan oleh web berkualitas.

Apa pengaruh Backlink terhadap blog atau website? Tentunya sangat berpengaruh, memiliki backlink artinya blog mendapatkan rekomendasi dari sebuah website, jika di analogikan dalam sebuah pribahasa:
website tanpa backlink, ibarat membangun rumah diatas pasir
Itu artinya backlink adalah pondasi yang menopang sebuah website agar terus berdiri kokoh.  Selain DA & PA, hal lain yang mendapat pengaruh dari backlink adalah ranking SERP google untuk blog.

SERP adalah singkatan dari Search Engine Result Page, jika diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia artinya hasil halaman dari mesin pencari. Jika rangking SERP blog kita bagus, secara otomatis pengunjung blog kita juga akan meningkat.

Jika disimpulkan BACKLINK akan membawa pengaruh sangat besar terhadap perkembangan blog kita yang miliki. Jika memiliki backlink berkualitas maka otomatis akan meningkatkan rangking SERP, DA dan PA blog.

Dengan peningkatan SERP, DA dan PA blog maka otomatis akan mendapatkan peningkatan pengunjung blog.

4. Optimasi Blog
Setelah belajar cara memilih niche blog, belajar cara riset kata kunci, belajar menulis artikel yang bagus dan belajar mendapatkan backlink, maka hal terakhir yang harus kamu pelajari adalah optimasi blog.

Optimasi blog bertujuan untuk memperbaiki masalah masalah teknis yang ada dalam blog kamu, misalnya masalah tampilan, masalah tema, masalah meta tag, masalah meta deskripsi dan masalah masalah teknis lainnya. Walaupun hal-hal kecil, tetapi nantinya bisa sangat berpengaruh sangat besar terhadap visitor blog, jadi jangan disepelekan.

Yang perlu dicek untuk masalah optimasi blog adalah sebagai berikut ini:
1. Template blog - Perhatikan responsif atau tidak, kecepatan blog (page speed) dan harus mobile friendly. Perhatikan juga bagian HTML tentang meta tag dan meta deskripsi.
2.Perhatikan permalink website, jika bisa buat permalink yang mengandung kata kunci.
3. Perhatikan masalah breadcrumb dan canonical tag.

Semakin teroptimasi blog, maka akan semakin berkualitas blog tersebut. Artinya optimasi juga bagian yang harus kita pelajari. Jika ibarat mesin maka optimasi adalah pengecekan berkala mesin dan service berkala untuk merawat agar kualitas mesin tetap terjaga.

Itulah 4 hal yang harus kamu pelajari untuk membangun sebuah blog. Selamat mencoba semoga berhasil.

4 Hal Yang Perlu Dipelajari untuk Membangun Blog